10 Efek Buruk Kurang Tidur

0
85

10 Efek Buruk Kurang Tidur – Tidur merupakan waktu istirahat untuk tubuh setelah melakukan berbagai aktifitas baik itu aktifitas ringan , sedang maupun aktifitas berat. Sebelum membahas bahaya dari kurang tidur dalam artikel ini akan dijelaskan pula sekilas mengenai tidur, fungsi tidur dan tidur yang berkualitas baik. baca juga cara menurunkan berat badan

10 Efek Buruk Kurang Tidur

10 Efek Buruk Kurang Tidur – Secara Ilmiah Tidur merupakan keadaan tidak sadar yang relatif lebih responsif terhadap rangsangan internal. Perbedaan tidur dengan keadaan tidak sadar lainnya adalah pada keadaan tidur siklusnya dapat diprediksi dan kurang respons terhadap rangsangan eksternal.

Fungsi tidur adalah restorative (memperbaiki) kembali organ-organ tubuh. Semua makhluk hidup perlu istirahat setelah melakukan aktivitas/kegiatan, karena aktivitas tersebut memerlukan jaringan hidup sehingga akan timbul kerusakan pada jaringan tersebut, karenanya manusia memerlukan tidur untuk memperbaiki kerusakan yang dimaksud. baca juga khasiat buah cery

Funsi tidur juga adalah tubuh akan merawat kesehatan fisik dan mental kita. Fungsi ini penting agar kita mendapat kesegaran saat bangun sehingga selanjutnya siap menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, tidur juga ikut menunjang pertumbuhan, terutama  pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Dalam sebuah penelitian menjelaskan apabila dilihat dari segi usia individu seorang bayi normal membutuhkan waktu untuk tidur selama 16-18 jam sehari, sedangkan manusia dewasa normal rata-rata membutuhkan waktu tidur antara 7-8 jam sehari. Kebutuhan tidurnya akan berkurang antara 4-6 jam sehari. baca juga qnc jelly gamat 

Dari penjelasan tersebut dapat dilihat bahwa kualitas tidur seseorang tidak selamanya tergantung dari lamanya waktu yang dihabiskan untuk tidur, akan tetapi juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan emosional. Tidur yang berkualitas tinggi adalah tidur yang nyenyak tidak terlalu sering terbangun di tengah malam, dan apabila terbangun akan mudah untuk tidur kembali serta tidak mengalami gangguan-gangguan yang berarti.

10 Efek Buruk Kurang Tidur

Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi bisa menyebabkan Anda terlihat lelah saat bangun tidur atau menguap sepanjang hari. Selain Itu Juga Akan Menyebabkan beberapa kerugian. Berikut 10 Efek Buruk Kurang Tidur yaitu :

  1. Menderita Penyakit Serius

10 Efek Buruk Kurang Tidur – Akibat dari kurang Tidur adalah dapat menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit serius, seperti:

  • Stroke
  • Diabetes
  • Diabetes Tipe 2
  • Resiko Kanker
  • Tekanan Darah Tinggi / hypertensi
  • Penyakit Jantung
  • Resiko Kerusakan Tulang
  1. Kekebalan Tubuh Rendah

Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa menurunkan sistem imun, mudah terserang penyakit , dan juga mudah flu.

  1. Menurunnya Hormon Pada Pria dan Wanita

Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon pria dan wanita dewasa sehingga dapat menyebabkan keluhan seperti :

  • Menurunnya libido
  • Menurunnya kadar testosteron pada pria
  • Gangguan Kesuburan untuk wanita
  1. Menurunkan Daya Ingat

10 Efek Buruk Kurang Tidur – Tidur adalah saatnya memasukkan hal-hal yang telah dipelajari dan kita alami ke dalam sistem ingatan jangka pendek. Pada saat tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan. Jika siklus tidur terganggu, otomatis konsolidasi ingatan pun akan mengalami gangguan. Sehingga kurang tidur dapat mengakibatkan menurnnya daya ingat seperti

  • Gampang lupa karena cenderung mengantuk.
  • Gangguan Kemampuan belajar
  • Meningkatkan resiko pikun
  1. Mepercepat Penuaan Dini

Kurang tidur juga bisa mempercepat penuaan dini hal ini karena Hanya satu malam saja tidak tidur dapat menyebabkan mata bengkak dan kulit pucat. Jika seseorang terus saja mengalami kurang tidur, kerusakan ini dapat menjadi permanen. Lingkaran hitam di bawah mata, kulit dan garis-garis halus pucat di wajah bisa menjadi permanen.

Elastisitas kulit juga bisa menjadi rusak dari waktu ke waktu ketika seseorang tidak mendapatkan tidur yang cukup. Kelelahan kronis akibat kurang tidur menyebabkan stres yang berlebihan yang menyebabkan tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon kortisol, yang memecah protein dalam kulit yang membuat elastis dan halus kulit menurun.

  1. Mengurangi Konsentrasi

10 Efek Buruk Kurang Tidur – Akibat dari kurang tidur lainnya adalah dapat mengurangi konstentrasi karena mudah mengantuk sehingga dapat menyebabkan kurang fokus saat bekerja dan menyebabkan menurunnya produktifitas. Juga hal yang sering terjadi adalah kecelakaan lalulintas yang di akibatkan hilangnya konsentrasi saat mengemudi akibat mengantuk.

  1. Gangguan Kesehatan Mental

Akibat Dari Kurang Tidur bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti:

  • Depresi
  • Mudah Marah – Emosi Tidak Stabil
  • Halusinasi
  • Paranoid
  • Gangguan Fungsi Mental lainnya
  1. Menghambat Pertumbuhan

10 Efek Buruk Kurang Tidur – Bayi yang baru dilahirkan memiliki kebutuhan tidur yang lebih banyak, kemudian akan  berkurang sesuai dengan penambahan umur. Sebenarnya ketika tidur maka proses metabolisme untuk pertumbuhan sedang berjalan tanpa kita sadari. Akibatnya jika kurang tidur maka tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang sangat sedikit. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan masa otot yang lemah, tulang yang kurang kuat dan kulit yang tidak elastis. Bahkan juga bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh diberbagai titik tubuh.

Selain Bayi kurang tidur juga mempengaruhi perkembangan pertumbuhan remaja.

  1. Kematian dan Kematian Mendadak

10 Efek Buruk Kurang Tidur – Kematian sebenarnya bisa terjadi ketika tubuh sudah mengalami gangguan yang sangat kompleks. Penyakit komplikasi akibat kurang tidur seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes bisa menyebabkan kematian. Gangguan kurang tidur biasanya akan terakumulasi dalam waktu yang lebih lama meskipun pada tahap awal sering menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Jadi lebih baik untuk cukup tidur agar tubuh bisa istirahat dengan baik.

Perlu diingat bahwa tidur cukup dan bekualitas itu sangat penting untuk kesehatan dan kelancaran aktifitas sehari hari, tanpa menimbulkan 10 Efek Buruk Kurang Tidur.

Demikian pembahasan mengenai 10 Efek Buruk Kurang Tidur dalam artikel ini. Semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua. Semoga bermanfaat , Terimakasih.

by http://www.buletinsehat.com

SHARE
Previous article9 Cara Menurunkan Berat Badan Termurah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here