20 Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya

1
980

Buletinsehat.com – Ada 20 penyakit menular yang sering kita jumpai sehari-hari, yang tak lepas dari kemudahan untuk pencegahannya. Yuk kita simak ulasannya! 20 Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya:

20 Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya

1. Demam Berdarah Penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Cara mencegahnya adalah melakukan 3 M (menutup, menguras, menimbun) untuk mencegah nyamuk berkembang biak dan memasang obat nyamuk atau menggunakan lotion anti nyamuk.

2. Influenza Penyakit yang cepat sekali menular melalui udara ketika penderita bersin atau melalui persentuhan langsung dengan penderita. Pencegahannya adalah mengonsumsi Vitamin C secara rutin untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menggunakan masker.

3. Tuberkolosis (TBC) Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan ditularkan melalui saluran pernafasan. Pencegahannya perkuat sistem imun tubuh dan pakai masker bila Anda tinggal di lingkungan dengan tingkat polusi udara tinggi.

4. Diare Penyakit yang disebabkan oleh virus. Cara mencegahnya adalah selalu cuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan makanan, dan air yang dikonsumsi.

5. Muntaber Penyakit yang termasuk 20 Penyakit Menular ini dapat menyebabkan kekurangan cairan dengan cepat yang bisa berakibat mematikan. Pencegahannya dengan menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi agar bakteri tidak berkembang biak.

6. Malaria Penyakit Malaria ditularkan oleh gigitan nyamuk. Gunakan lotion anti nyamuk dan obat nyamuk sebelum tidur serta berantas semua tempat yang menjadi sarang nyamuk.

7. Kolera Infeksi saluran usus akut yang disebabkan bakteri. Cara mencegahnya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman penderita Kolera serta menjauh dari tempat terjadinya wabah Kolera.

8. Tifus Penyakit yang disebabkan oleh Bakteri Salmonella yang menyerang saluran pencernaan. Pencegahannya adalah memastikan air dan makanan yang dikonsumsi dalam kondisi higienis serta biasakan selalu cuci tangan.

9. Cacar Penyakit yang disebabkan virus Varicella Zoster ini dapat dicegah melalui pemberian vaksin cacar dan mengkarantina penderita Cacar selama proses penyembuhan.

10. Campak Penyakit yang ditularkan melalui ludah penderita. Pencegahannya dengan pemberian vaksin Campak dan menghindar dari kontak langsung dengan penderita.

11. Batuk Penyakit ditularkan melalui udara ketika penderita Batuk. Pencegahannya dengan selalu menggunakan masker dan memperkuat kekebalan tubuh melalui konsumsi Vitamin C.

12. Pneumonia Penyakit saluran pernafasan yang ditularkan melalui batuk. Cara mencegahnya adalah menghentikan kebiasaan merokok, tinggal di lingkungan yang sehat, dan memperkuat kekebalan tubuh.

13. Cacingan Gangguan kesehatan karena cacing parasit di dalam tubuh ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan badan, minum obat cacing setiap 6 bulan, dan menghindari makanan mengandung cacing.

14. Penyakit Mata Merah Penyakit ini membuat mata perih, kemerahan, bengkak, mengeluarkan kotoran terus-menerus. Hindari kontak langsung dengan penderita dan hindari memandang langsung mata penderita. Penderita disarankan beristirahat di rumah agar tidak menulari orang lain.

15. Pes Penyakit yang ditularkan oleh tikus dan sering terjadi pada masa banjir. Pencegahannya dengan menjaga kebersihan badan dan tempat tinggal serta memperkuat sistem imun tubuh selama masa banjir.

16. Gondok Pembengkakan Kelenjar Tiroid yang disebabkan virus dan menular melalui kontak langsung dengan penderita. Pencegahannya dengan pemberian vaksin dan rutin mengonsumsi garam dapur yang mengandung Yodium.

17. Penyakit Menular Seksual (PMS) Hubungan intim berganti-ganti pasangan tanpa pasangan dapat menyebabkan PMS (sifilis, gonorrhea, chlamydia, dll). Pencegahannya adalah setia pada satu pasangan dan gunakan pengaman untuk hubungan intim yang berisiko.

18. Tetanus Penularan terjadi melalui luka yang terbuka dan cara mencegahnya adalah dengan membersihkan dan merawat luka.

19. Hepatitis Salah satu dari 20 penyakit menular ini terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui makanan dan minuman yang kurang sempurna cara memasaknya. Pencegahannya adalah hindari kontak langsung, berhati-hati dalam melakukan transfusi darah, dan menjaga higienitas makanan dan lingkungan.

20. HIV/AIDS Penyakit ini menular melalui cairan tubuh yang mengandung HIV seperti air susu ibu, cairan ******, air mani, darah. Cara mencegahnya adalah dengan melalui pemakaian jarum suntik bersama-sama, tranfusi darah, dan hubungan intim tanpa pengaman. Nah, dengan mengetahui 20 Penyakit Menular serta cara penularannya, Anda dapat melindungi diri dan keluarga dari tertularnya penyakit tersebut.

Ada ungkapan menyatakan lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit – penyakit seperti diatas, untuk pencegahannya mulai dari sekarang rubahlah kebiasan yang tidak baik pada anda dengan gaya hidup sehat. Dan untuk pengobatan atau pencegahan silahkan klik qnc jelly gamat

Tags:,penyakit dan cara pencegahannya,penyakit menular dan cara pencegahannya,penyakit dan cara mencegahnya,10 penyakit menular dan pencegahannya,sebutkan contoh penyakit menular

1 COMMENT

  1. […] Mentimun Buah yang dalam bahasa latinnya memiliki nama Cucumis sativus ini bukan sekedar memiliki kandungan vitamin C serta potasium yang baik untuk mencegah radikal bebas, namun juga mempunyai kandungan air yang cukup tinggi serta beri kesegaran. Joel Schlessinger, MD, pakar kulit dari Omaha, Nebraska, menyimpulkan kalau mentimun juga mempunyai kandungan silika yang bisa tingkatkan produksi kolagen serta menghindar timbulnya keriput. Tidak heran, banyak produk yang memakai mentimun sebagai sisi utama dalam perawatan kulit baik untuk mengencangkan, melembabkan kulit, menangani jerawat, serta bahkan juga untuk menghilangkan sisa luka pada kulit. Untuk menghilangkan sisa luka, bersihkan bersih mentimun, lalu potong mentimun jadi kecil-kecil lantas haluskan dengan jus atau ditumbuk. Sesudah halus, berikan pada sisa luka serta biarkanlah sepanjang malam. Bila dikerjakan dengan teratur jadi sisa luka bisa berangsur-angsur jadi samar serta hilang. baca juga jenis penyakit menular […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here