Home Kesehatan 5 Manfaat Mengkonsumsi Ubi Ungu Untuk Kesehatan

5 Manfaat Mengkonsumsi Ubi Ungu Untuk Kesehatan

114
0
SHARE

www.buletinsehat.com – Selamat datang di website kami. Di sini kami selalu memberikan informasi tentang kesehatan yang bermanfaat untuk anda semua. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang 5 Manfaat Mengkonsumsi Ubi Ungu Untuk Kesehatan.

5 Manfaat Mengkonsumsi Ubi Ungu

5 Manfaat Mengkonsumsi Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Ubi Ungu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang banyak dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok. Warnanya yang cukup mencolok membuat ubi ungu cukup populer dan disukai oleh banyak orang. Selain nikmat, ubi ungu ini juga terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga berat badan, mencegah kanker, menjaga kesehatan mata hingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ubi ungu ini dapat diolah menjadi berbagai macam olahan mulai dari direbus, digoreng, dicampur dengan agar-agar atau puding, hingga dibuat keripik sebagai camilan. Salah satu cara olahan ubi ungu yang paling baik adalah dengan cara direbus dan dikonsumsi dengan kulitnya.

Ubi ungu mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin C, folat, B6 dan betakaroten yang didalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Juga tersimpan sejumlah jenis mineral seperti magnesium, mangan, kalium, kalsium, zat besi dan beberapa jenis mineral lain. Yang membuat ubi ungu istimewa adalah kandungan antosianin yang menjadi faktor pembawa warna ungu pada daging umbi.

Berikut ini adalah 5 Manfaat Mengkonsumsi Ubi Ungu Bagi Kesehatan :

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurut pada peneliti, ubi ungu ini memiliki kadar asam klorogenik yang tinggi. Zat asam tersebut mampu mengurangi tekanan darah tinggi serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi secara alami. Selain itu, ubi ungu ini kaya akan antioksidan seperti antosianin, karotenoid, dan asam fenolik. Semua antioksidan tersebut mampu mengurangi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke.

  • Mencegah Pertumbuhan Kanker dan Tumor

Kandungan zat antosianin yang ada di dalam ubi ungu ini berfungsi sebagai anti kanker sehingga mampu mencegah terjadinya kanker payudara. Selain itu, manfaat vitamin C, vitamin E, dan betakaroten dalam ubi ungu ini mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskular yang memungkinkan menjalar dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A dalam ubi ungu ini tergolong sangat tinggi. Sebab vitamin A ini mampu menjaga mata agar tetap sehat dan berfungsi dengan normal. Selain itu, Ubi ungu juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh sampai 66%.

  • Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus

Sebuah Penelitian yang diadakan oleh University of Vienna, Austria, menunjukkan bahwa penderita diabetes mellitus tipe 2 yang mengkonsumsi ubi dalam jumlah banyak, menunjukkan pengurangan paling besar pada resistensi insulinnya. Karena ubi ungu mempunyai tingkat glycemic index atau GI yang lebih sedikit dari roti atau nasi. Jadi ubi ungu ini adalah pilihan yang terbaik bagi orang-orang yang menderita penyakit diabetes.

  • Mampu Mengatasi Gangguan Pada Perut

Tingginya kandungan zat pati membuat Ubi ungu sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Karena itulah ubi ungu bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi sakit pada perut secara alami. Kandungan serat tinggi di dalam kulit ubi ini mampu melancarkan uang air besar. Selain itu, kandungan potasium dalam ubi ungu juga mampu mengatasi peradangan pada perut.

Seperti itulah 5 Manfaat Mengkonsumsi Ubi Ungu Untuk Kesehatan. Masih banyak manfaat lain yang dimiliki oleh ubi ungu ini yang belum kami jelaskan di sini. Sudah terbukti nyata hampir semua jenis umbi umbian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya ubi ungu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here