Penjelasan tentang 6 Nutrisi Utama bagi Tubuh

Buletinsehat.com – Pembahasan mengenai 6 nutrisi utama bagi tubuh kita ada dalam artikel ini. Tubuh manusia memerlukan asupan nutris yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas dalam tubuhnya yang kemudian berdampak baik pada aktivitas di luar tubuhnya. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan dan juga air. Tentunya, makanan yang dikonsumsi pun adalah jenis makanan sehat yang memang kadar nutrisinya baik dan cukup untuk tubuh, bukan makanan yang hanya enak di lidah tetapi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Penjelasan tentang 6 Nutrisi Utama bagi Tubuh


Pemenuhan nutrisi yang cukup akan banyak membantu dalam berbagai proses di dalam tubuh. Ada 6 nutrisi utama bagi tubuh kita. Keenam nutrisi tersebut ada baikya selalu dipemuhi setiap hari sehingga tidak ada kekurangan nutrisi dalam tubuh kita. Apa sajakah keenam nutrisi utama tersebut?

Uraian tentang 6 nutrisi utama bagi tubuh kita adalah sebagai berikut;

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh kita. Karbohidrat sendiri bisa berasal dari biji-bijian seperti beras dan jagung, umbi-umbian seperti singkong, ubi jalar, dan kentang, di dalam buah, juga sayuran. Pemenuhan karbohidrat yang tepat akan memberikan energi bagi tubuh untuk bisa melakukan aktivitas. Hanya saja, asupan karbohidrat tidak boleh sampai berlebihan.

2. Protein

Jenis nutrisi satu ini berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh yang meliputi semua jaringan tubuh, organ dalam, otak, dan juga syaraf. Protein sendiri bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan fungsi mental serta dapat membantu untuk membangkitkan semangat. Jenis makanan yang mengandung protein di antaranya kacang-kacangan, daging, telur, keju, susu, dan masih banyak lagi.

3. Air

Salah satu dari 6 nutrisi utama bagi tubuh adalah air. Air memiliki peran yang penting dalam tubuh kita. Keberadaanya dalam daraha mencapai 83%. Asupan air bersih dalam hal ini air putih yang cukup akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh. Ari sendiri berfungsi untuk mengedarkan nutrisi salah satunya ke dalam otak dan juga membuang zat-zatyang tidak diperlukan oleh tubuh.

4. Lemak

Lemak juga memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Hanya saja, timbunna lemak yang terlalu banyak terutama lemak yang jahat, akan berdampak buruk untuk tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memilih makanan berlemak baik serta tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak.

5. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral adalah pasangan serasi yang akan membantu dalam pertumbuhan, membantu fungsi otak, dan membantu berbagai fungsi tubuh. Vitamin bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan termasuk buah-buahan dan sayuran.

6. Serat

Serat memiliki fungsi untuk membantu melancarkan kerja organ pencernaan dan juga membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Tubuh memerlukan asupan makanan berserat yang cukup setiap harinya.

Kiranya itulah pembahasan mengenai 6 nutrisi utama bagi tubuh kita dalam artikel ini. Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa memberikan tambahan pengetahuan dan juga menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih dan semoga bermanfaat.