7 Manfaat Buah Blewah Bagi Ibu Hamil

1
79

www.buletinsehat.com – Selamat datang di website kami, di sini kami selalu memberikan informasi tentang kesehatan yang bermanfaat untuk anda semua. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang 7 Manfaat Buah Blewah Bagi Ibu Hamil.

7 Manfaat Buah Blewah Bagi Ibu Hamil

7 Manfaat Buah Blewah Bagi Ibu Hamil

 

Buah Blewah (Cucumis melo) mempunyai beragam nutrisi, gizi, serta sangat baik untuk ibu hamil dan yang sedang menjalankan diet rendah kalori. Buah yang mirip dengan buah melon ini, merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Buah blewah biasanya dikonsumsi dengan cara dijadikan campuran minuman. Bahkan, ada juga yang memanfaatkannya dengan cara dibuat kolak seperti labu.

Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah blewah antara lain adalah sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berikut Ini Adalah 7 Manfaat Buah Blewah Bagi Ibu Hamil :

  • Menjaga Kesehatan Janin

Buah Blewah memiliki kandungan Asam Folat yang tinggi, dimana kandungan asam folat ini bisa membantu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Selain itu, Asam folat sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya kecacatan pada otak ataupun gangguan susunan saraf pusat pada janin. Jadi, ibu hamil  membutuhkan lebih banyak asupan asam folat untuk menghindari bayi terlahir dalam keadaan cacat.

  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium, manfaat vitamin C dan potasium dalam blewah membantu menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil. Sebab bila tekanan darah ibu hamil tidak stabil, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Jadi dengan mengkonsumsi buah blewah, tekanan darah pada ibu hamil akan tetap stabil dan normal.

  • Memelihara Kesehatan Kulit

Kombinasi vitamin A dan C yang yang terdapat pada buah blewah ini mampu menjaga kesehatan kulit pada ibu hamil. Selain itu, Buah blewah ini mampu mencegah penuaan dini sehingga wajah tetap cerah dan awet muda. Vitamin C tersebut juga mampu membantu sintesis kolagen sehingga stretch mark bisa dicegah sebelum melahirkan.

  • Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Bagi seorang ibu hamil, anemia dapat menyebabkan rasa lemas dan mudah lelah sehingga bisa menurunkan kesehatan ibu hamil maupun janinnya. Vitamin C yang terkandung dalam buah blewah bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh ibu hamil, sehingga bisa mencegah anemia dan membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh secara alami.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Blewah mengandung vitamin A serta beta karoten yang bermanfaat untuk mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh. Selain menyebabkan penyakit, radikal bebas juga menjadi penyebab terjadinya penuaan dini serta beresiko terjangkitnya kanker. Selain itu, blewah juga mengandung banyak vitamin C yang dapat diandalkan sebagai antibodi bagi tubuh dan dapat pula digunakan untuk melawan tumbuhnya bibit kanker di dalam tubuh.

  • Mencegah Kanker atau Kista

buah blewah mengandung sumber antioksidan yang banyak seperti flavonoid seperti beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Semua zat antioksidan tersebut, berperan penting untuk melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa buah blewah bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Jadi tunggu apalagi ?? dengan mengkonsumsi buah blewah kesehatan ibu hamil akan tetap terjaga. Selain itu, Buah Blewah ini mengandung mineral yang tinggi sehingga mampu mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Sekian penjelasan dari kami tentang 7 Manfaat Buah Blewah Untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here