Home Kesehatan Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

281
0
SHARE

Cara menghilangkan bau mulut secara alami disebut juga dengan pengobatan bau mulut tradisional. Pengikut cara ini masih cukup banyak meski obat-obat penghilang bau mulut begitu banyak tersedia. baca juga penyebab sakit kepala

Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami

Cara menghilangkan bau mulut secara alami dianggap sebagai suatu usaha yang mudah, murah, aman, dan efektif. Jadi wajar saja bila cara-cara tradisional dalam mengusir bau mulut masih langgeng hingga detik ini. baca juga penyebab penyakit lupus

Cara menghilangkan bau mulut secara alami melibatkan tumbuhan-tumbuhan yang tersedia bebas di alam. Jenisnya sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Bahkan, terkadang beberapa jenis tumbuhan tersebut ditanam di pekarangan rumah sendiri.

Mari kita ketahui apa saja tumbuhan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami.

  • Daun Beluntas

Sekilas, daun beluntas mirip dengan daun jeruk nipis. Hanya saja, ukurannya lebih besar, bergerigi di bagian tepi, dan permukaannya tidak mengkilap.

Daun ini mengandung tannin, alkaloid, minyak atsiri, kasium, magnesium, dan fosfor. Kalau Anda sering membaca kemasan pasta gigi, Anda pasti tidak asing dengan nama-nama tersebut.

Daun beluntas dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri di dalam mulut dan menghilangkan bau tidak sedap. Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan air rebusan daun beluntas setiap pagi dan sore, dan malam hari.

Caranya, sediakan 10 lembar daun beluntus yang tidak seberapa muda, tidak pula terlalu tua. Rebus dengan 2 gelas air, didihkan hingga tinggal menyisakan satu gelas saja. Saring, dan jadikan arinya sebagai obat kumur.

  • Jahe

Cara menghilangkan bau mulut secara alami selanjutnya adalah dengan jahe. Jahe termasuk tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengobati segala macam penyakit. Sebut saja batuk, pegal-pegal, terlikir. Daging jahe terasa pedas dan hangat ketika digigit. Kedua sensasi itulah yang dapat membantu melawan bau mulut.

Irisan jahe dapat diemut sebagai pengganti permen. Atau, jika tidak suka dengan cara itu, Anda bisa mengolahnya dalam bentuk obat kumur.

Cara membuatnya sama seperti membuat obat kumur dari daun beluntas. Anda hanya perlu menukar 10 lembar daun beluntas dengan 3 ruas jahe yang telah dicacah kasar.

  • Sirih

Keampuhan daun sirih dalam mengusir bau mulut sudah tidak diragukan lagi. Kandungan seskuiterpen, pati diastase, minyak astiri, betiphenol, kavikol, diyakini berkhasiat sebagai pembunuh kuman dan penangkal racun.

Daun sirih juga mampu menghentikan pendarahan pada gusi, mengeluarkan dahak di tenggorokan, menguatkan gigi, mencerahkan warna gigi, serta memberishkan lidah. baca juga gejala vitiligo

Cara memanfaatkannya bisa dalam bentuk obat kumur maupun mengunyah daun sirih mentah. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Itulah beberapa jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami. Apakah Anda ingin mencoba salah satunya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here