Home Ibu dan Anak Kapan Memberikan Pendamping ASI yang Tepat

Kapan Memberikan Pendamping ASI yang Tepat

205
0
SHARE

Buletinsehat.com – Kapan memberikan pendamping ASI? Bayi adalah anugerah yang tiada terkira bagi pasangan suami isteri. Memiliki bayi tentu menjadi peristiwa yang tidak akan terlupakan. Melihatnya tumbuh berkembang menjadi anak yang sehat tentu idaman semua orangtua. Tahukah anda tumbuh kembang anak akan dipengaruhi oleh 6 bulan awal hidupnya? Iya enam bulan yang sangat krusial dalam pertumbuhan bayi. Selama 6 bulan tersebut bayi mendapatkan ASI yang nutrisinya sangat dibutuhkan oleh bayi. Dengan ASI tersebut bayi mulai membangun tubuh yang sehat.

ASI adalah mukzizat Tuhan yang dilimpahkan kepada kaum ibu untuk menyusui anaknya. Nutrisi yang terkandung dalam ASI sangat pas untuk menunjang kebutuhan pertumbuhan bayi. ASI ini tidak akan bisa digantikan oleh apapun termasuk susu formula yang paling mahal sekalipun. Ibu akan memberikan ASI eksklusif kepada anaknya selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Setelah bayi memasuki umur 6 bulan mulai dapat dikenalkan dengan makanan pendamping ASI.

Kapan memberikan pendamping ASI? Waktu yang terbaik adalah ketika anak berumur 6 bulan. Namun dalam pemilihan makanan pendamping ASI ini harus benar-benar diperhatikan, mengingat organ pencernaan bayi belum sesempurna manusia dewasa. Oleh karena itu salah dalam menentukan makanan pendamping ASI bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan perut kembung. Pengenalan bayi kepada makanan pendamping ASI tidak bisa diberikan secara terburu-buru, harus bertahap. Mulai dari jenis asupannya, porsinya, dan teksturnya harus diberikan secara bertahap.

Menentukan Kapan Memberikan Pendamping ASI

Tingkat kekentalan makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan kemampuan bayi dalam menerima makanan, jumlah atau porsinya juga harus disesuaikan. Ketika bayi masih belum tumbuh gigi makanan yang diberikan adalah makanan semi padat, batu setelah tumbuh gigi diberikan makanan padat. Porsi makan juga berangsur-angsur bertambah sesuai dengan porsi bayi tersebut makan. Jika bayi menolak untuk meneruskan makan artinya porsi bayi tersebut untuk saat ini baru sekian.

Pengenalan makanan pendamping ASI sebaiknya dimulai dari satu jenis makanan, misal pisang atau pepaya. Ketika memberikan makanan tersebut kepada bayi kita sembari memperhatikan apakah bayi menolak makanan tersebut atau tidak, ciri-ciri bayi menolak makanan adalah dengan memuntahkannya. Jika itu terjadi sebaiknya tidak memaksakan bayi untuk makan makanan tersebut. Penting juga untuk memperbanyak pemberian sayuran kepada bayi, ini dilakukan agar bayi tidak tergantung dengan makanan manis saja. Kapan memberikan pendamping ASI? Memberikan waktu kepada ibu dan bayi dalam interaksi yang lebih intim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here