Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas

Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas – Pada pagi dan sore hari kita dapat menemui bapa-bapak / ibu ibu yang berjalan kaki tanpa alas, terutama di permukaan tanah yang tidak rata seperti di taman yang di beri batu-atuan khusus untuk berjalan kaki tanpa alas. Hal ini terjadi karena berjalan kaki tanpa alas di permukanan yang tidak rata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas

Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas

Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas – Jalan kaki tanpa alas ini dapat memiliki manfaat maksimal jika dilakukan di permukaan yang tidak rata. Jika anda melakukannya di lantai keramik atau ubin, maka manfaatnya hanya seperti olahraga jalan kaki biasanya saja.

Manfaat Jalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas untuk Kesehatan Tubuh

Berjalan kaki tanpa alas ternyata memiliki manfaat yang lebih khusus. Jalan kaki tanpa alas ini dilakukan di atas permukaan yang berbatuan, tanah tidak rata, rumput-rumput, ataupun jalanan beraspal. Hal yang anda lakukan tersebut jika dilaksanakan dengan rutin, akan menghasilkan beberapa Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas seperti:

  • Mencegah Resiko Peradangan dalam Tubuh

Peradangan dalam tubuh atau inflamasi merupakan keadaan di mana terdapat kadar elektron positif dalam jumlah yang berlebih di dalam tubuh. Berjalan kaki tanpa alas akan banyak melepaskan elektron positif dan mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan dalam tubuh ini. Anda cukup berjalan 5-10 menit per hari untuk membantu pelepasan elektron positif dalam jumlah yang sesuai, tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit.

  • Mencegah Gangguan Sistem Pencernaan

Beberapa gangguan sistem pencernaan yang sering ditemui adalah naiknya asam lambung, perut yang mudah kembung, juga beberapa gangguan lainnya. Bagi anda yang sering mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, kini dapat beralih ke olahraga jalan kaki tanpa alasa ini. Karena berjalan kaki tanpa alas dapat merangsang sistem pencernaan untuk bekerja maksimal dan tidak mudah terganggu lagi.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung ini adalah kebiasaan hidup yang kurang sehat dan kurangnya seseorang melakukan olahraga. Padahal salah satu olahraga yang dapat mencegah penyakit jantung adalah sederhana seperti jalan kaki tanpa alas. Berjalan kaki tanpa alasan dapat meningkatkan fungsi jantung dan memperbaiki kerja organnya. Penyakit jantung seperti jantung koroner, stroke, dan gagal jantung pun dapat segera dicegah.

  • Menurunkan Rasa Stress

Stress merupakan keadaan yang disebaban oleh tekanan pekerjaan dan kehidupan secara keseluruhan. Penurunan rasa stress ini dapat dilakukan dengan liburan secara berkala, tapi jika anda tidak memiliki waktu luang untuk berlibur anda perlu berolahraga untuk menurunkan rasa stress. Olahraga yang paling ringan untuk mengurangi stress adalah dengan berjalan kaki tanpa alas. Manfaat jalan kaki tanpa alas yang satu ini diketahui mampu mengurangi produksi hormon stress dan memberikan penyegaran kembali pikiran dari beban yang ada.

  • Memperbaiki Kebiasaan Insomnia

Insomnia merupakan kesulitan tidur yang dapat disebabkan oleh tekanan stress ataupun pikiran. Kebiasaan insomnia ini kemudian menjadi banyak alasan dan faktor penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Salah satu cara memperbaiki kebiasaan insomnia adalah dengan berjalan kaki tanpa alas. Jalan kaki tanpa alas ini mampu merangsang saraf untuk mendukung tidur yang nyenyak dan berkualitas bagi para penderita insomnia.

  • Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Penyembuhan luka dapat dilakukan dengan maksimal jika kemampuan memperbaiki jaringan tubuh juga dilakukan dengan maksimal. Penyembuhan luka tersebut dapat dibantu prosesnya dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki tanpa alas. Manfaat jalan kaki tanpa menggunakan alas ini sangat banyak dan salah satunya membantu tubuh dalam melakukan penyembuhan luka dengan cepat.

  • Menjaga Kondisi Normal Tekanan dan Peredaran Darah

Berjalan kaki tanpa alas membuat peredaran darah menjadi lancar. Alasannya adalah permukaan telapak kaki yang menyentuh dan berjalan di atas permukaan tanah yang tidak rata dapat melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar juga sekaligus menjaga tekanan darah dalam tingkat yang normal. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga jalan kaki tanpa alas secara rutin untuk menjaga kondisi sistem peredaran darah yang baik.

  • Menjaga Kadar Hormon saat Haid

Kondisi hormon selama sedang haid atau menstruasi biasanya sulit sekali dijaga. Hal ini sering kemudian menimbulkan nyeri, sakit, dan pegal-pegal yang dapat mengganggu aktifitas. Saat anda sedang haid atau menstruasi lakukanlah jalan kaki tanpa alas selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu tubuh mengontrol kadar hormon anda dan mengurangi keluhan selama sedang menstruaasi.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu car menjaga kesehatan tulang adalah dengan berolahraga dan olahraga sederhana sekalipun banyak manfaatnya untuk kesehatan tulang anda. Olahraga jalan kaki tanpa alas adalah salah satu olahraga yang mampu menjaga kesehatan tulang anda dengan maksimal.

  • Memperbaiki Postur dan Keseimbangan Tubuh

Olahraga yang rutin dilakukan dapat membantu postur tubuh anda terbentuk dengan ideal. Cara terbaik dan paling sederhana dalam berolahraga adalah dengan melakukan jalan kaki tanpa alas. Kebiasaan sederhana ini ternyata memiliki manfaat yang sangat signifikan untuk tubuh anda secara keseluruhan. Menurut Medical Daily, berjalan tanpa alas kaki dapat memaksa tubuh untuk melatih dan memperkuat otot-otot kecil di kaki. Otak belajar untuk memperhatikan sinyal yang dikirim dari kaki, sehingga meningkatkan postur dan keseimbangan tubuh.

Akan tetapi berjalan kaki tanpa alas juga memilliki resiko jika dalam penggunaannya dijalan yang berbahaya, adapaun resikonya adalah :

  • Terinfeksi Cacing Tambang.
  • Menginjak Pecahan Kaca.
  • Menimbulkan Kaki Kapalan
  • Menimbulkan Kaki Berjamur
  • Terinfeksi Virus saat Berjalan Kaki

Akan tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan memilih tempat berjalan kaki tanpa alas yang benar dan bersih, juga tidak lupa untuk mencucui kaki setelah berjalan kaki tanpa alas untuk mengindari infeksi virus.

Itulah Manfaat Berjalan Kaki Tanpa Alas yang dapat kami sampaikan, intinya berolahraga sekecil apapun memili manfaat seprti berjalan kaki tanpa alas yang penting di perhatikan tempat untuk berjalan kaki tanpa alas dan kebersihannya.

Posted by www.buletinsehat.com