Home Manfaat Alami Pernah Mengalami Gemeretak Gigi Saat Tidur, Inilah Penyebabnya

Pernah Mengalami Gemeretak Gigi Saat Tidur, Inilah Penyebabnya

106
0
SHARE

Buletinsehat.com – Gemeretak gigi merupakan suatu kelainan yang mengakibatkan seseorang menggeretakan giginya disaat tidur. Dan ini merupakan suatu kelainan yang banyak terjadi di masyarakat.

Terutama masyarakat indonesia yang sering terjadi baik itu pada anak-anak maupun orang dewasa. Konon, menurut beberapa kepercayaan masyarakat, gemeretak gigi saat tidur itu disebabkan oleh gangguan mahluk halus (jin) dan untuk menyembuhkannya perlu penangnan non medis berupa riqyah.

Hmmm, menurut anda bagaimana?

penyebab menggeretakan gigi

Walaupun begitu, ternyata gemeretak gigi saat tidur dapat dijelaskan secara medis dan dapat diketahui penyebabnya serta dapat diobati dengan beberapa terapi pengobatan.

Gemeretak gigi dalam dunia medis dikenal dengan istilah bruxism dan terjadi saat seseorang sedang tertidur. Bahayanya, lama-kelamaan gemeretak gigi dapat merusak gigi atau menyebabkan komplikasi kesehatan yang lain.

Namun anda tidak perlu khawatir, gemeretak gigi saat tidur dapat diatasi dengan beberapa terapi pengobatan dan penanganan medis. Oleh karenanya lanjutkan membaca artikel ini sampai akhir!

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Anda Sering Menggeretakan Gigi Saat Tidur?

Oleh karena gemeretak gigi terjadi saat tidur, kebanyakan orang tidak menyadarinya. Tapi bagaimana cara mengetahui bahwa anda mengalami brixism?

Salah satu cara yang sederhana adalah dengan bertanya kepada seseorang yang tidur bersama anda. Ya, bruxism mengakibatkan bunyi yang lumayan keras apalagi saat keadaan malam hari yang sunyi.

Orang yang tidur serumah dengan anda pasti sering terbangun karena terganggu oleh suara gemeretak gigi anda. Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi orang-orang rumah pasti tahu terhadap gangguan bruxism anda.

Cara yang kedua untuk mengetahui bahwa anda mengalami bruxism adalah dengan mengenali efek yang diakibatkan oleh bruxism itu sendiri.

Gemeretak gigi yang disengaja saja sudah membuat anda kesakitan. Bagaimana jika hal ini terjadi diluar kendali anda? Ada beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh bruxism, yaitu, jika ada sakit kepala ringan yang konstan atau rahang terasa sakit, hal tersebut merupakan tanda-tanda gejala bruxism.

Sebaiknya anda hubungi dokter untuk memeriksakan keadaan anda lebih lanjut.

Apa Saja Penyebab-Penyebab Gemeretak Gigi Saat Tidur?

Bruxism cenderung hilang timbul, dan ini terjadi saat seseorang mengalami tekanan besar. Belum diketahui secara pasti apa penyebab utama dari bruxism ini. Namun, ahli medis menyatakan bahwa bruxism sangat erat kaitannya dengan faktor psikologis seseorang.

Berikut adalah beberapa faktor fisik dan psikologis yang bisa menjadi pemicu terjadinya bruxism, di antaranya:

  • Keadaan mental seperti Cemas, stres, marah, frustrasi, atau tegang.
  • Memiliki kepribadian yang agresif, kompetitif, atau hiperaktif.
  • Mengalami gangguan tidur seperti insomnia
  • Susunan gigi yang kurang rata antara bagian atas dan bagian bawah.
  • Resepon terhadap nyeri akibat tumbuh gigi atau sakit telinga
  • Efek samping obat-obatan tertentu
  • Asam lambung naik ke kerongkongan
  • Kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol, atau menggunakan narkoba.

Apakah Menggemeretak Gigi Saat Tidur Berbahaya?

Pada sebagian kasus, bruxism kronis bisa menyebabkan munculnya masalah baru terhadap kesehatan seperti gigi menjadi patah, menjadi longgar, bahkan sampai terlepas. Gemeretak gigi kronis dapat mengkikis gigi sampai ke tunggul. Di samping itu ada beberapa komplikasi lain yang mungkin terjadi, di antaranya:

  • Gangguan pada telinga
  • Gangguan pada rahang
  • Gigi menjadi retak, longgar, bahkan sampai terlepas
  • Radang sendi temporomandibular
  • Nyeri pada beberapa titik di wajah.
  • Bentuk wajah berubah.

Bagaimana Cara Mengatasi Gemeretak Gigi Saat Tidur?

Jika akhir-akhir ini anda sering mengalami tekanan terhadap fikiran anda, cobalah untuk menenagkannya, karena stres yang berlebihan dapat memicu bruxism.

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat membantu Anda untuk mengatasi gemeretak gigi saat tidur, diantaranya:

  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kola, cokelat, dan kopi.
  • Hindari alkohol. Gemeretak gigi cenderung meningkat setelah konsumsi alkohol.
  • Jangan mengunyah pensil atau pena atau apapun yang bukan makanan, termasuk peremen karet.
  • Latihlah diri Anda untuk tidak menggemeretakkan gigi. Caranya, posisikan ujung lidah Anda di antara gigi Anda. Praktek tersebut melatih otot-otot rahang Anda untuk santai.
  • Mengendurkan otot rahang Anda pada malam hari dengan menempatkan kain lap hangat di pipi.

Bagaimana jika setelah melakukan tips diatas anda masih menggeretakan gigi?

Jika langkah diatas belum dapat membuat anda berhenti dari menggeretakan gigi, penanganan selajutnya adalah dengan menemui dokter gigi.

Dokter gigi Anda akan memberikan perawatan yang terbaik bagi Anda. Beberapa perawatan yang biasanya diberikan oleh dokter gigi terhadap bruxism adalah:

  • Obat pelentur otot-otot rahang. Bruxism sangat jarang diobati dengan obat, namun kadang obat pelentur otot dapat diresepkan untuk mengendurkan rahang dan mencegah gemeretak gigi.
  • Mahkota gigi tiruan atau tambalan (onlays) dimasukkan pada gigi Anda. Jika bruxism Anda telah menyebabkan kerusakan gigi, gigitan Anda mungkin tidak sejajar lagi. Dokter gigi Anda dapat menggunakan tambalan atau mahkota gigi tiruan untuk membentuk kembali permukaan gigi Anda dalam rangka memperbaiki gigitan Anda.

Demikianlah info Penyebab-Penyebab Gemeretak Gigi Saat Tidur yang bisa kami berikan kepada anda semua. Baca juga manfaat ubi ungu untuk kesehatan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here