Ketahuilah Jenis Sakit Kepala, Penyebab dan Pengobatannya

0
344

Jenis Sakit Kepala, Penyebab dan Pengobatannya – Salah satu keluhan yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari adalah sakit kepala. Kepala yang terasa sakit ini bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana atau dengan mengkonsumsi obat yang banyak dijual bebas. Tetapi ada pula rasa sakit di kepala yang tidak boleh diabaikan dan harus segera mendapatkan penanganan medis. Karena itu kenali jenis-jenis sakit yang terjadi di kepala agar bisa mengambil langkah pengobatan yang tepat. baca juga gejala penyakit lupus

Jenis-jenis Sakit Pada Kepala dan Penyebabnya

Jenis-jenis Sakit Pada Kepala dan Penyebabnya

Sebagian jenis-jenis rasa sakit yang menyerang kepala ini sudah cukup dikenal luas. Berikut adalah jenis sakit kepala yang masih sering terdengar di telinga agan-agan sekalian.

1. Migren
Migren adalah salah satu jenis rasa sakit pada kepala dengan keluhan yang khas. Nah, migren ini ditandai dengan rasa nyeri di salah satu sisi kepala. Rasa sakit yang muncul merupakan kombinasi antara berdenyut, ditarik-tarik dan dipukul-pukul pada bagian kepala yang sakit. Serangan migren ini terkadang ditandai dengan menguap yang lebih sering, rasa lelah, haus, dan munculnya rasa ketagihan pada makanan.

2. Tension
Berbeda dengan migren, rasa sakit pada kepala yang disebut tension ini ditandai dengan kepala yang terasa berat dan tegang. Rasa sakit ini terutama dirasakan seperti melingkar di kepala dan berpusat di alis. Biasanya tension ini dimulai dengan munculnya rasa saki di bagian belakang kepala dan leher bagian atas.

3. Cluster
Berbeda dengan tension yang sering dialami kaum wanita, cluster ini lebih sering dirasakan oleh kaum pria. Rasa sakit ini dirasakan di belakang salah satu mata , di pelipis, atau di daerah sekitarnya. Cluster umumnya terjadi di jam-jam tidur sehingga sangat mengganggu waktu istirahat. Cluster ini disebabkan melebarnya pembuluh darah yang bertugas membawa darah ke wajah dan otak. baca juga gejala vitiligo

4. Myogenik
Sakit kepala yang disebut myogenik ini dipicu ketegangan yang terjadi di bagian pundak, leher, rahang dan juga kulit kepala. Ketegangan ini bisa jadi disebabkan beban pikiran atau posisi duduk yang tidak tepat.

5. Traction
Traction disebabkan adanya tumor, pembengkakan yang berisi darah, atau abses. Rasa sakit ini akan terasa begitu hebat di pagi hari dan juga saat penderitanya mengejan, batuk, atau buang air kecil.

Ketahuilah Jenis Sakit Kepala, Penyebab dan Pengobatannya

Sakit yang menyerang kepala tidak harus diatasi dengan mengkonsumsi obat. Tindakan-tindakan yang sederhana terkadang berhasil melenyapkan rasa sakit pada kepala dan membuat badan menjadi lebih segar. baca juga bahaya benjolan

Pengobatan Alami Sakit pada Kepala

– Tindakan sederhana yang bisa meredakan rasa sakit pada kepala adalah dengan beristirahat di ruangan yang tenang dan gelap. Ruangan yang tenang dan gelap akan membuat otot-otot yang semula tegang menjadi lebih kendur dan beban pikiran pun perlahan-lahan terlepas.

– Tindakan lainnya adalah dengan mandi air hangat atau mengompres kepala dengan air dingin. Jika memiliki waktu yang lebih banyak, pijat, akupuntur dan berolahraga juga bisa menjadi cara yang jitu untuk mengusir sakit yang menyerang kepala.

Obat-Obatan Kimia untuk Sakit di Kepala

– Ada begitu banyak obat-obatan kimia yang beredar di pasaran untuk mengusir sakit di kepala. Tetapi tentunya obat-obatan ini harus dipilih dengan tepat sesuai dengan jenis rasa sakitnya. Untuk rasa sakit yang muncul di bagian belakang kepala dan ketegangan yang mengikutinya seperti jenis myogenik dan tension, pilihlah obat yang mengandun ibuprofen, aspirin atau parasetamol.

– Sedangkan untuk jenis cluster, biasanya penggunaan obat pereda nyeri kepala yang biasa tidak mampu menghilangkan rasa sakitnya. Jenis cluster ini bisa diredakan dengan pemberian injeksi sumatriptan, menghirup oksigen dengan kadar oksigen 100%, atau dengan menggunakan obat semprot di hidung yang memiliki kandungan triptan. baca juga slimming

– Sementara itu untuk jenis migren, obat yang biasanya digunakan adalah dihidroergotamin, obat-obatan dari golongan triptane, dan dipadukan dengan obat yang mengandung glucocorticoids.

Jika gejala rasa sakit kepala seperti ini muncul, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat banyak bagi anda semua, dan bagi yang ingin mengobati sakit kepala secara alami kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat jelly gamat untuk info dan cara pemesanan silahkan klik jelly gamat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here