8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh – Tahukah anda apa itu rebung ? Pasti sudah tau bukan, yang mana rebung adalah sejenis kencambah atau bambu muda, yang biasa tumbuh di samping bambu yang sudah tua dan juga besar. Rebung merupakan salah satu bahan masakan yang cukup populer di indonesia karena rebung mempunyai rasa yang nikmat dan lezat.

Keunikan dari rebung ini ialah terletak pada teksturnya yang renyah yang sangat bertolak belakang dengan bambu yang keras dan mustahil untuk dimakan. Selain teksturnya yang renyah, keunikan lainnya ialah masih banyak duri yang menempel pada kulit rebung ini dan menimbulkan rasa gatal sehingga kita harus memperhatikan betul apabila kita memegang rebung yang belum dikupas kulitnya karena bisa – bisa tubuh kita gatal – gatal.

ilustrasi olahan rebung pada 8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk olahan rebung sendiri di indonesia sangat bermacam – macam dan bervariasi mulai dari di kukus, di jadikan sayur kuning, isian lumpia dan masih banyak yang lainnya. Karena masing – masing daerah di indonesia mempunyai cara tersendiri dan keunikan masing – masing dalam mengolah rebung ini. Baca juga manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Selain di olah menjadi makanan yang lezat dan enak, ternyata rebung ini juga memiliki manfaat untuk keesehatan tubuh kita lho ! Karena di dalam rebung ini memiliki kandungan berbagai vitamin, seperti di bawah ini ;

  1. vitamin A
  2. vitamin B6
  3. vitamin E
  4. thiamin
  5. riboflavin
  6. niasin
  7. asam folat
  8. asam pantotenat
  9. Mineral
  10. magnesium
  11. fosfor
  12. Zinc
  13. seng
  14. tembaga
  15. mangan
  16. selenium
  17. zat besi

Itulah kandungan yang terdapat dalam rebung sehingga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.  Ingin tahu apa saja manfaatnya ? yuk simak informasinya di sini !

8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori , lemak dan karbohidrat yang relatif kecil pada rebung sangat cocok untuk menurunkan berat badan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan berlebih.

2. Baik Untuk Jantung

Rebung dapat melarutkan kadar kolestrol jahat karena mengandung pitosterol dan fitonutrien. Baca juga makanan untuk menurunkan resiko penyakit jantung

3. Mencegah Kanker

Ternyata rebung ini bisa untuk mencegah kanker ! karena mengandung pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil. selain itu kandungan alami fitokimia yang dapat mencegah kanker .

4. Baik Untuk Sistem Imun

Kandungan vitamin dan antioksidan pada rebung dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

5. Baik Untuk Pencernaan

Kandungan serat yang banyak pada rebung sudah tidak diragukan lagi dapat melancarkan gangguan pencernaan seperti diare dan sebagainya. Baca juga manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh

6. Obat Bisul

Rebung bersifat sebagai anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti bisul dan sebagainya.

7. Membersihkan Luka

Kandungan antiseptik yang terdapat pada rebung ini bisa membantu mengeringkan dan menyembuhkan luka.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Rebung dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kalium yang cukup banyak pada rebung.

8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh – Manfaatnya tidak terduga bukan yang terdapat dalam rebung, sehingga tak heran ya ! Orang zaman dulu sehat – sehat karena makanan yang di konsumsipun punya nilai gizi tersendiri dan terhindari dari makanan junk food serta makanan yang berpengawet seperti kebanyakan pada zaman sekarang ini.

Untuk itu, mulai dari sekarang jangan ragu lagi ya ! untuk mengkonsumsi rebung ini karena di jamin enak dan baik untuk kesehatan tubuh. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaatn untuk anda 🙂 Salam sehat  . . . .  https://www.buletinsehat.com