Mengenal Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Lupus yang Berbahaya serta Mematikan

Penyebab dan Pengobatan Penyakit Lupus  – Ada begitu banyak penyakit yang mematikan dan sering menjadi pembicaraan. Misalnya saja kanker, penyakit jantung atau HIV/ AIDS. Sebagian besar masyarakat tentu sudah mengenal penyakit-penyakit tersebut. Tetapi bagaimana dengan penyakit lupus? Penyakit ini tak sepopuler kanker, penyakit jantung ataupun AIDS. Padahal lupus termasuk salah satu penyakit mematikan yang berbahaya dan perlu diwaspadai. Penyakit ini sampai sekarang belum ditemukan obatnya dan tak ada peluang kesembuhan bagi penderitanya. Kurangnya informasi mengenai penyakit ini menyebabkan sebagian besar masyarakat tidak menyadari jika terkena penyakit ini. baca juga manfaat slimming

Mengenal Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Lupus yang Berbahaya serta Mematikan

Mengenal Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Lupus

Lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah salah satu jenis penyakit autoimun. Pada penyakit ini sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh justru menyerang organ, jaringan dan sel-sel. Serangan yang terjadi secara terus menerus membuat peradangan yang kronis. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) inilah yang umum dikenal sebagai sakit lupus dan sering terjadi pada penderita lupus. baca juga gejala vitiligo

Gejala Sakit Lupus

Peradangan kronis yang disebabkan lupus ini bisa terjadi di seluruh bagian tubuh mulai dari kulit, persendian, sel darah, otak, ginjal, paru-paru hingga jantung. Karena itu pula penyakit ini memiliki gejala yang beragam sesuai dengan bagian tubuh yang terkena peradangan kronis. Meskipun gejalanya cukup beragam tetapi ada beberapa gejala lupus yang cukup khas. Berikut ini beberapa gejala tersebut.

  1. Gangguan ginjal yang berupa adanya protein atau endapan di dalam air seni. Pemeriksaan kandungan protein atau endapan dalam air seni ini bisa dilakukan dengan melihat contoh air seni dengan menggunakan mikroskop.
  2. Radang yang terjadi di lapisan paru-paru dan bisa pula di lapisan jantung. Adanya radang ini menyebabkan rasa nyeri di dada terutama bila penderita menarik nafas panjang atau saat batuk.
  3. Kelainan darah yang beragam mulai dari anemia yang disebabkan pecehnya sel dalam merah, kandungan sel darah putih yang rendah atau trombosit yang rendah.
  4. Munculnya sariawan yang terus menerus di lidah ataupun rongga mulut. Atau sariawan yang muncul kemudian hilang dan muncul lagi secara terus menerus.
  5. Terjadinya peradangan di persendian. Peradangan ini membuat persendian tampak kemerahan, bengkak dan terasa nyeri.
  6. Munculnya sakit kepala, gangguan penglihata, perasaan kebingungan dan kejang yang disebabkan terganggunya sistem saraf dan kerja otak.Terjadinya gangguan imunitas. Contohnya anti-DNA, anti bodi DNA
  7. yang asli di dalam titer noemal.
  8. Titer anti bodi anti nuklear abnormal dengan melakukan uji setara di setiap titik waktu.
  9. Munculnya ruam di kedua bagian pipi dan hidung sehingga membentuk seperti sayap kupu-kupu.

Ruam di Wajah Penderita Lupus

  • Munculnya ruam di wajah, leher dan kulit kepala. Ruam ini tak sekedar berwarna merah saja tetapi bagian tepinya tampak lebih merah dari bagian tengahnya.
  • Ruam yang muncul di pipi dan hidung serta ruam-ruam di bagian lainnya tersebut akan semakin bertambah parah jika terpapar sinar matahari.

Dari sederet gejala khas sakit luput tersebut jika seseorang mendapati dirinya mengalami paling tidak empat gejala saja, maka kemungkinan besar ia menderita sakit lupus. Sakit lupus ini beresiko terjadi pada kaum perempuan, namun tidak menular dan tidak diturunkan. Saat ini kaum perempuan menjadi penderita lupus yang paling banyak. Lupus biasanya muncul ketika seseorang berada pada usia 15 tahun hingga 40 tahun. Penderita lupus umumnya berasal dari ras Asia, Afrika, dan Hispanics. baca juga penyebab benjolan berdarah

Sebenarnya masih ada tiga jenis lupus lainnya namun dengan efek yang terbatas pada organ-organ tertentu saja. Ketiga jenis lupus tersebut adalah Drug Induced Lupus Erythematosus, Neonatal Lupus, dan Discoid Lupus Erythematosus. Drug Induced Lupus Erythematosus terjadi ketika seseorang mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan tubuhnya memberi respon dengan munculnya efek pada sistem kekebalan tubuh. Gejala-gejala lupus ini akan hilang dengan sendirinya saat penderita berhenti mengkonsumsi obat tersebut. Sedangkan Neonatal Lupus terjadi pada bayi yang baru lahir. Pada umumnya lupus jenis ini akan hilang sebelum berkembang lebih jauh. Sementara itu Discoid Lupus Erythematosus hanya berefek pada kulit yakni di kulit kepala, leher dan wajah yang ditandai dengan munculnya ruam-ruam.

Penyebab Sakit Lupus

Penyebab kuat penyakit yang bernama lupus ini sesungguhnya belum diketahui. Tetapi kemungkinan lupus disebabkan kombinasi genetika dan juga sebagai akibat kontak dengan lingkungan. Ketika orang-orang yang memiliki bakat menderita lupus melakukan kontak dengan sengaja ataupun tanpa sengaja dengan sesuatu hal di lingkungan, maka sakit lupus pun menjadi terpicu untuk muncul. Nah, beberapa hal di lingkungan yang bisa memicu muncul sakit lupus ini antara lain, obat-obatan yang dikonsumsi sehingga menimbulkan lupus, paparan sinar matahari, stress ataupun hormon kehamilan.

Pengobatan Sakit Lupus

Tentunya pengobatan dilakukan setelah diagnosa penyakit lupus dilakukan. Sayangnya, masih sedikit dokter yang menguasai penyakit ini sehingga kerapkali penderita gejala-gejala lupus sulit mendapatkan diagnosa yang tepat. Inilah yang membuat penyakit ini mendapat julukan penyakit seribu wajah karena seringkali mengecoh petugas medis melalui gejala-gejalanya yang mirip dengan penyakit lain. Pemeriksaan untuk memastikan penyakit yang bernama lupus ini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik berdasarkan gejala yang terlihat.

Selanjutnya sebagai pemeriksaan pendukung, penderita bisa melakukan tes darah. Tes darah ini dilakukan untuk mengetahui antibodi di dalam darah. Selain tes darah, biopsi ginjal bisa juga dilakukan dan rontgen dada untuk mengetahui gejala-gejala lupus yang terjadi di kedua organ tersebut. baca juga cara mengatasi bekas luka garuk

Pengobatan sakit lupus dilakukan berdasarkan organ-organ dalam tubuh yang terkena peradangan akibat lupus. Terapi ini diharapkan bisa mengurangi peradangan sehingga organ tubuh tidak mengalami kerusakan. Selain itu, beberapa obat-obatan seperti anti malaria, acetaminophen, immunomodulating, kortikosteroid dan obat non steroidal anti inflammatory biasanya diberikan kepada penderita lupus untuk membuat lupus berada dalam keadaan stabil.

Di samping jenis obat-obatan tersebut, obat untuk lupus jenis baru muncul di awal tahun 2011. Obat ini meringankan kondisi lupus tetapi tidak efektif untuk penderita lupus dengan kondisi yang parah. Obat yang bernama Benlysta ini merupakan awal bagi pengembangan obat lainnya yang lebih efektif. Jika lupus sudah berada dalam keadaan stabil, maka penderita bisa menghentikan penggunaan obat-obatan. Nantinya jika lupus aktif kembali karena dipicu oleh sesuatu hal, maka penderita dapat kembali melakukan pemeriksaan dan mengkonsumsi obat-obatan.

Sakit lupus ini memang tidak bisa disembuhkan karena belum ditemukan metode pengobatan yang tepat. Tetapi para penderita lupus bisa beradaptasi dan mengenali karakteristik penyakit ini. Penderita lupus bisa memiliki kualitas hidup yang semakin baik jika melakukan kontrol ke dokter secara berkala untuk mengetahui perkembangan penyakit ini dan mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan secara teratur. baca juga gejala sakit mata

Selain itu seperti halnya penderita penyakit berat lainnya, penderita lupus harus mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi, melakukan olahraga secara teratur, cukup beristirahat, menghindari stress, menghindari paparan sinar matahari langsung dan juga rokok. Dukungan dari orang-orang terdekat pun sangat membantu penderita penyakit lupus untuk menjalani hidup dengan lupus di dalam tubuhnya.

Untuk cara pengobatan penyakit lupus kami menyarankan anda mengkonsumsi obat jelly gamat yang sudah banyak terbukti ampuh untuk mengobati berbagai penyakit ringan dan kronis seperti lupus, pemesanan silahkan klik jelly gamat qnc